Cara Menemukan Passion Anda

Rabu, 02 April 2014


Assalamu’alaikum... Apa kabar sobat semua? Mudah-mudahan dalam keadaan sehat wal afiat. Kali ini ane akan mengangkat tema tentang passion yang terinspirasi dari ‘kakek’ Jamil Azzaini dan bukunya pak Adi W. Gunawan. Sebelumnya ane kasih pertanyaan dulu, adakah diantara sobat yang sedang merasakan belum menemukan semangat dalam melaksanakan pekerjaan atau aktivitas? Kalau ada, kemungkinan besar pekerjaan tersebut BUKAN PASSION sobat. So, apa itu passion?


Passion secara sederhananya bisa diartikan sebagai Energi yang melibatkan emosi dan didasari oleh rasa cinta yang luar biasa untuk melakukan suatu kegiatan. Jadi intinya, kita mau melakukan pekerjaan tersebut walau nggak dibayar, karna kita emang cinta banget sama pekerjaan itu. Nah itulah yang disebut PASSION.

Gimana cara menemukan Passion? Kita bisa menemukan passion dengan cara melihat tanda-tandanya:

  • Kita menyukai dan menikmati aktivitas/pekerjaan tersebut
  • Kita mau melakukan aktivitas/pekerjaan tersebut meskipun tidak dibayar
  • Selalu bersemangat melakukan pekerjaan tersebut. 
  • Karena ketiga faktor diatas, kita jadi suka lupa waktu untuk melakukan pekerjaan tersebut. Fokus
  • Merasa bangga dan puas dengan pekerjaan yang kita lakukan tersebut. 
Dengan mengetahui ciri-ciri diatas, sekarang sobat bisa mencari dan menemukan PASSION yang sobat miliki dengan cara membuat pertanyaan. Contohnya:
  • Pekerjaan apa yang kita sukai dan rela tidak dibayar?
  • Pekerjaan apa yang membuat kita selalu bersemangat mengerjakannya?
Mudah-mudahan sobat menemukan pekerjaan apa yang cocok buat sobat.
Menurut ane passion itu sangat penting, karena ini menyangkut kebahagiaan diri kita untuk menjalani kehidupan. Pasti sobat juga udah sering dengar kalo ada teman yang bilang “Gue nggak cocok kerja dibidang itu ”. atau, setiap hari Senin sobat langsung ngeluh dan hilang semangat di pagi hari. (untungnya gak langsung stroke ya? Hehehe). Itu menandakan pekerjaan yang dilakukan nggak sepenuh hati, mengerjakannya karna faktor lain. Memang tidak mudah untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion kita. Tapi setidaknya kita mengetahui pekerjaan apa yang PAS dan cocok dengan diri kita. Kenyamanan, kebahagiaan dan hidup tanpa beban, itulah diantara manfaat yang kita dapatkan jika kita bekerja sesuai dengan passion.

Jika sobat sekarang bekerja tapi belum sesuai dgn passion, tetap bersyukurlah. Karna di luar sana masih banyak orang yang belum bekerja. Insya Allah dengan bersyukur sobat akan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan keberuntungan yang luar biasa. Atau ambil keputusan untuk keluar dari pekerjaan dan memulai pekerjaan yang sesuai passion, tapi resiko tanggung sendiri ya. Hehehe.
Oke, mungkin itu aja yang bisa ane tulis. Semoga bermanfaat.

Atrof Ardians



AtrofArdians

0 komentar:

Posting Komentar